Hosting Unlimited Indonesia

1 Miliar Untuk Padamkan Api Kalteng

Written By Unknown on Saturday, September 6, 2014 | Saturday, September 06, 2014

Kebakaran Lahan Di Kalteng
Palangkaraya ( Metro Kalimantan) - Penanggulangan kebakaran lahan di Kalteng, hingga saat ini disebut sudah habiskan dana sekitar Rp 1 miliar. Dana tak terduga itu, kabarnya digunakan BPBD, tim daerah, dan operasi darat selama tiga bulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng H Muchtar, membeberkan luas lahan gambut di Kalteng sekitar 3,1 juta hektare. Terluas di Pulau Kalimantan. Dianggap rawan kebakaran.
    
Ia memaparkan, penanggulangan kebakaran dengan membuat hujan buatan, pemerintah daerah tidak mengeluarkan dana. Sedangkan untuk pemadaman kebakaran dari daerah mengeluarkan dana tak terduga dari provinsi sekitar Rp 1 miliar, untuk operasi darat selama 3 bulan terakhir ini, dengan personel armada sekitar 70 orang lebih dibantu dari pusat.
    
“Sayangnya ada enam kabupaten/kota belum membentuk BPBD; Palangka Raya, Seruyan, Katingan, Barito Timur, Sukamara, dan Murung Raya,” katanya seraya menegaskan, posko kebakaran lahan dan hutan dipusatkan di Palangka Raya karena dianggap paling rawan.

Ditegaskannya, jika dengan sengaja membakar lahan dan hutan, dikenakan sanksi. Namun ia mengakui sulitnya menangkap pelaku pembakar lahan.

Ditambahkannya, perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi,, dan Geofisika (BMKG) Kalteng, saat ini memasuki kemarau berat, untuk hujan perkiraan akan datang di awal November.
    
“Karena wilayah kita cukup luas, pemadam manual manusia cukup melelahkan, maka kita meminta bantuan dari pusat, helikopter untuk bom air yang mampu mengangkat sebanyak 4 ton air, pesawat hercules akan bisa membuat hujan buatan apabila ada awan, jika tidak ada awan maka nanti kita akan gunakan helikopter water bombers,” ucapnya. (aza/abe/tur/mk)
 

0 komentar: