Hosting Unlimited Indonesia

Kalsel Harus Mandiri

Written By Unknown on Wednesday, March 5, 2014 | Wednesday, March 05, 2014

Cebei masih tergantung pulau jawa
BANJARMASIN – Stok komoditas pangan Kalsel sangat tergantung dengan pasokan dari Pulau Jawa. Untuk mengurangi hal tersebut, Pemprov Kalsel berencana untuk berbagai komoditas pangan strategis. Sehingga Kalsel tidak lagi ketergantungan dari pasokan Pulau Jawa.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalsel, Farida Wariansi mengatakan, pemerintah daerah melalui sektor-sektor terkait seperti dinas pertanian telah mengembangkan berbagai komoditas pangan yang selama ini mengandalkan pasokan dari luar daerah. “Mayoritas kebutuhan pokok masyarakat sangat bergantung pasokan dari luar daerah terutama Pulau Jawa,” tuturnya.
 
Besarnya tingkat ketergantungan ini membuat pasokan aneka barang kebutuhan pokok rawan terhambat akibat pengaruh cuaca buruk dan bencana yang berimbas pada terjadinya kelangkaan serta lonjakan harga. Berbagai komoditas pangan strategis yang dikembangkan antara lain sayuran, bawang dan cabai.
 
“Ada klaster-klaster komoditas pangan yang dibangun di sejumlah daerah. Selain Pemda, pihak Bank Indonesia juga gencar membangun klaster komoditas pangan ini,” ungkapnya.
 
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah Kalimantan, Muhammad Dadi Aryadi mengatakan,  tingkat kebutuhan masyarakat terhadap komoditas pangan terus meningkat, sementara produksi di daerah rendah. “Bahkan ada beberapa komoditas yang sama sekali tidak ada di Kalsel, sehingga harus dipasok dari luar,” tuturnya.
 
Hal ini membuat tingkat ketergantungan pasokan dari daerah lain terutama Pulau Jawa sangat tinggi. Di sisi lain, masalah kondisi cuaca buruk di wilayah perairan, membuat pasokan kebutuhan pokok terhambat yang berimbas pada kelangkaan, lonjakan harga dan akhir inflasi di daerah. (mrn/mk)

0 komentar: