Hosting Unlimited Indonesia

Saksi Bansos Berangkat Ke Cina

Written By Unknown on Tuesday, September 30, 2014 | Tuesday, September 30, 2014

Wakil Gubernur  Kalsel Rudy Resnawan
Banjarmasin (Metro Kalimantan) - Pengamat Anggaran Politik Forum Indonesia untuk Transparansi (FITRA), Uchok Sky Khadafi menilai, keberangkatan Kepala Bappeda Kalsel, M Jasran dan Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, Ngadimun ke luar negeri hanya jalan-jalan saja.

"Untuk menghambur-hamburkan duit uang pajak daerah. Tidak ada apapun manfaatnya buat rakyat dari perjalanan ke luar negeri ini. Perjalanan ini bukan untuk meningkatkan kinerja mereka, tapi lebih memperlihatkan hedonisme saja kepada publik," katanya, Selasa (30/9/2014).

Dia mengatakan, jika masih punya rasa malu, maka keberangkatan ke luar negeri sebaiknya batalkan saja. Terlebih jika berangkat semua ke luar negeri, berarti tidak ada pelayanan atau pelayanan pasti terganggu.

Menurutnya, seharusnya DPRD meminta pertanggungjawaban kepala daerah, dan harus bikin rekomendasi untuk memecat atau menurunkan jabatan dari kepala dinas atau kepala badan.

"Kelakukan seperti ini, diam-diam jalan-jalan ke luar negeri sangat tidak baik dan hanya menciptakan preseden buruk saja," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan membenarkan Kepala Bappeda Kalsel, M Jasran yang juga saksi bansos 2010 dan Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, Ngadimun berangkat ke Cina. Kepergian mereka ke Cina selama tiga hari sejak 29 September dan kemungkinan kembali pada 2 Oktober mendatang.

 "Tiga hari saja ke Cina. Dalam rangka memenuhi undangan Pemerintah Cina, undangan kerjasama bidang pendidikan," kata Rudy.

Menurutnya, tidak ada masalah kepergian kepala dinas ke Cina. Dirinya tidak mengetahui persis apakah biaya perjalanan ke luar negeri tersebut ditanggung pemerintah Cina ataukah menggunakan APBD Kalsel.

Sekretaris Kepala Bappeda Kalsel yang akrab disapa Mina mengaku tidak mengetahui persis ke mana perjalanan dinas pimpinannya tersebut. Namun dirinya membenarkan bahwa pimpinannya itu ke luar daerah.

Kasubag Program Bappeda Kalsel, Ariadi ketika dikonfirmasi juga membenarkan pimpinannya sedang ke luar daerah, namun tidak mengetahui persis tujuannya. Pegawai Kepegawaian Bappeda Kalsel, Eni ketika dikonfirmasi membenarkan ke Cina.

"Tetapi tidak mengetahui persis siapa saja yang berangkat ke sana. Panitianya Dinas Pendidikan Kalsel, silakan konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kalsel," pungkasnya.(bpost/mk)


0 komentar: