Hosting Unlimited Indonesia

Fitra : Anggaran DPR Rp. 220 Milliar Aneh Dan janggal

Written By Unknown on Wednesday, April 15, 2015 | Wednesday, April 15, 2015

Rusa DPR RI (sp)
Jakarta (Metro Kalimantan) - Forum Indonesia Transparasi Anggaran (FITRA) menemukan ada kejanggalan dalam pengadaaan barang di DPR RI.

Dalam dokumen Rencana Pengadaan Umum DPR di website www.dpr.go.id terdapat beberapa anggaran janggal, aneh dan tidak wajar dengan total hampir Rp 220 miliar.
Koordinator Advokasi dan Investigasi Seknas FITRA, Apung Widadi dalam press rilis yang diterima di Jakarta, Senin (13/4), mengatakan, nama pengadaan dan anggarannya aneh-aneh. Mulai dari biaya pengadaan parfum miliaran hingga penyiaran Humas DPR. 
Apung mengatakan, anggaran di DPR itu sangat tidak wajar dan cenderung memboroskan keuangan negara, karena anggaran yang fantastis dengan nama barang yang sepele.
Potensi mark up dari pengadaan tersebut tinggi, karena tidak sesuai dengan harga rata-rata pasar. Misalnya saja pengadaan parfum hingga Rp 2 miliar dan makanan rusa hingga Rp 600 juta. 
Ada juga biaya lain yakni perawatan rumah dinas DPR senilai Rp 32 miliar setiap tahun. Ini berpotensi diselewengkan karena alokasi yang sama dianggarkan setiap tahun. 
Disinyalir, kata Apung, ada mafia anggaran dan pengusaha hitam yang sengaja mendorong alokasi anggaran tersebut naik secara signifikan dan tidak wajar. 
"Tindakan Setjen DPR tersebut sangat menyakiti hati rakyat, di tengah situasi masyarakat yang mengalami kenaikan bahan pokok akibat naiknya harga BBM," katanya.
Untuk itu, FITRA menuntut agar DPR membatalkan pengadaan barang-barang yang tidak wajar tersebut. Selanjutnya, DPR harus merevisi alokasi anggaran pengadaan kebutuhan rumah tangga dengan nilai dan harga yang wajar. (sp/mk04)

0 komentar: