Hosting Unlimited Indonesia

Dilintasi Alat Berat Jembatan Ambruk di Samarinda

Written By Unknown on Tuesday, June 10, 2014 | Tuesday, June 10, 2014

Jembatan Ulin Yang Ambruk dilintasi Alat Berat
Samarinda - Sebuah jembatan yang terbuat dari kayu di Desa Muang Dalam, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) ambruk akibat dilintasi alat berat.

Akibatnya jembatan kini tak bisa lagi dilintas kendaraan, baik roda dua maupun roda empat sehingga memutuskan akses ribuan masyarakat di daerah tersebut.
Apalagi, mayoritas warganya adalah petani yang menyuplai sayur-mayur di sejumlah pasar di Samarinda.
 
Menurut keterangan warga sekitar, jembatan ini ambruk pada Senin (9/6/2014) pukul 02.00 WITA. Saat itu sedang melintas alat berat jenis eksavator. Alat berat itu juga turut tercebur ke sungai.

“Eksavator ini usai digunakan untuk meratakan tanah kaplingan. Rencananya mau dibawa kembali, pas melintas rupanya jembatan tak kuat menahan beban hingga akhirnya ambruk,” kata Ketua RT 31 Desa Muang Dalam, Jatri, Senin (9/6/2014).

Untuk sementara, warga menggunakan jembatan darurat bekas proyek Waduk Benanga. Namun, jembatan ini juga masih labil dan goyang sehingga warga takut untuk melintas.

“Dari enam RT, ada lebih 3.000 warga yang terputus akses jalannya. Kebanyakan kami adalah petani, sehingga kesulitan mengantar hasil pertaniannya,” katanya.

Jatri menambahkan, eksavator yang akan melintas sebenarnya ada dua unit dengan jenis yang berbeda. Jenis yang melintas dan tercebur ke sungai ini masih jenis yang ringan. Ada satu eksavator lagi yag lebih berat yang belum melintas.

“Tentu ini sangat mengganggu warga di sini untuk beraktivitas seperti bekerja dan anak sekolah. Padahal hari ini adalah hari pertama UAS untuk SD. Jadi kami kadang takut saat anak kami melintas di jembatan itu,” kata Jatri.

Warga berharap segera ada perbaikan jembatan agar aktivitas warga kembali normal. Warga juga berharap dibangunkan jembatan baru yang lebih permanen.(sindo/mk)









0 komentar: