Hosting Unlimited Indonesia

Kalsel Mendapat Bantuan Bedah Rumah 2.985 Unit

Written By Unknown on Wednesday, September 17, 2014 | Wednesday, September 17, 2014

Pelaihari, (Metro Kalimantan) - Asisten Deputi Evaluasi Perumahan Swadaya Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera RI), Ir Khairuddin Thabrani M Eng mengatakan, pada tahun 2014 Kalimantan Selatan mendapatkan jatah bedah rumah dari Kemenpera sebanyak 2.985 unit tersebar di lima kabupaten.

"Ada lima kabupaten di Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan bedah rumah berupa dana hibah dari Kemenpera RI, Hulu Sungai Selatan, Balangan, Tanah Laut, Barito Kuala dan Kabupaten Banjar," kata Khairuddin Thabrani, selepas acara Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya 2014 Kabupaten Tanah Laut, di Gedung Sarantang Saruntung Kantor Bupati Tanah Laut, Rabu (17/9).

Menurut dia, pada tahun 2015 jatah bedah rumah melalui dana hibah Kemenpera akan ditingkatkan lagi dan saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan ke lapangan, kabupaten mana saja yang akan menerima bantuan tersebut belum diketahui namun untuk Tanah Laut sudah dipastikan dapat.

"Khusus Kabupaten Tanah Laut, pada tahun 2014 mendapatkan bantuan hibah bedah rumah sebanyak 238 unit, dan pada tahun 2015 rencananya kembali mendapatkan bantuan hibah bedah rumah sebanyak 600 unit," ujarnya.

Dikatakannya, dari target 600 unit di tujuh desa di Kabupaten Tanah Laut, hingga kini sudah terdata sebanyak 450 unit dan sisanya dalam waktu dekat sudah selesai didata.

"Masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan hibah bedah rumah sebesar Rp7,5 juta dalam bentuk barang dan upah pengerjaan rehab," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, bantuan yang diberikan untuk bedah rumah tersebut diharuskan selesai paling lama dua bulan setelah dana dikucurkan langsung kerekening penerima.

"Apabila dalam waktu dua bulan tidak selesai atau dialihkan kelain, maka dana tersebut diminta dikembalikan kekas negara, sebab dalam pelaksanaannya sudah diawasi oleh pendamping," tegasnya.

Kemudian, sambung dia, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tanah Laut dapat memiliki rumah layak huni dan merasakan dampak pembangunan bagi mereka.(ant/mk)

0 komentar: