Hosting Unlimited Indonesia

KPK Akan Buka Cabang Di Tiga Pulau

Written By Unknown on Tuesday, December 16, 2014 | Tuesday, December 16, 2014

Jakarta (Metro Kalimantan) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menggodok rencana pembentukan cabang di daerah. Tak hanya di satu kota, KPK berencana membentuk cabang di tiga zona wilayah Indonesia.

Ketua KPK, Abraham Samad mengatakan, cabang KPK akan berada di tiga zona wilayah Indonesia, yakni bagian barat, tengah, dan timur. Untuk wilayah barat, cabang KPK akan berdiri di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di Kota Medan, untuk zona tengah akan berada di Provinsi Kalimantan Timur yakni di Kota Balikpapan, sementara zona timur di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Akan ada tiga zona. Zona barat, tengah, dan timur. Barat ada di Sumatera, tengah di Kalimantan dan timur di Sulawesi," kata Samad di Gedung KPK, Senin (15/12).

Samad menyatakan, saat ini, pihaknya masih terus menggodok rencana pembentukan cabang KPK tersebut. Dikatakan, pihaknya juga masih harus berkonsultasi dan menunggu persetujuan pemerintah dan DPR.

"Sebab ini kan terkait alokasi penganggaran. Kalau itu disetujui baru kita akan berhitung (anggarannya)," jelas Samad.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto mengatakan, pembentukan cabang KPK di daerah itu sudah sesuai dengan aturan yakni Undang-Undang KPK dan sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dituturkan, wacana pembentukan cabang di daerah ini tindak lanjut dari koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi di bidang Sumber Daya Alam.

Dengan membentuk cabang baru, Bambang berharap pengawasan di daerah akan lebih mudah. Dalam 10 tahun mendatang, ditargetkan terdapat lima cabang KPK di sejumlah daerah.(sp/mk-03)

0 komentar: