Hosting Unlimited Indonesia

Galian Pipa PDAM Rusak Drainase

Written By Unknown on Thursday, March 13, 2014 | Thursday, March 13, 2014

Pipa PDAM Rusak Drainase
Banjarmasin - Pemasangan pipa PDAM Bandarmasih di Jalan Sultan Adam menuai keluhan warga. Proyek ini merusak drainase yang ada. Imbasnya, setiap hujan deras jalan atau halaman rumah warga bisa tergenang.  “Saya juga bertanya-tanya ini proyek apa. Kalau proyek pemerintah kok ya sampai merusak fasilitas umum milik mereka sendiri,” kata Salahudin, seorang penjaga ruko. 
 
 Dari pantauan wartawan, drainase dibongkar hingga ke batas aspal jalan. Beberapa pipa yang belum terpasang bahkan dibiarkan begitu saja di dalam drainase. Di beberapa ruas jalan, drainase bahkan mampet karena tertutup tanah bekas galian. 
 
Sementara itu, Rahmi, salah satu pemilik warung, mengaku halamannya sering calap setelah pembongkaran drainase tersebut. “Tapi setelah diprotes alhamdulillah mereka bikin lagi drainase yang baru. Tuh sedang dikerjakan,” ujarnya.
 
Saat dikonfirmasi kemarin (11/3), Humas PDAM Bandarmasih, Siti Nursiah, menegaskan kerusakan drainase itu tanggung jawab pihaknya. “Ini tanggung jawab PDAM sepenuhnya. Selain keluhan warga, kami juga diawasi KP2T Kalsel. Jadi kami serius,” ujarnya. 
 
Namun, Nursiah meminta maaf pada warga dan meminta mereka lebih bersabar. Drainase yang baru harus menunggu proyek rampung pemasangan pipa selesai. Proyek ini ditargetkan rampung paling cepat pertengahan tahun ini. 
      
Ia juga menegaskan kalau pipa tidak dipasang di dalam drainase, melainkan ditanam di sepanjang bahu jalan. “Kalau ada tanah uruk atau pipa nyebur masuk drainase selama proyek berlangsung itu kami akui. Tapi kalau memasang pipa dalam drainase, mana kami berani, itu fasilitas umum,” tampiknya. 
 
Secara terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Drainase (DSDAD) Kota Banjarmasin, Muryanta, membenarkan PDAM sudah menghubungi pihaknya mengenai kondisi drainase tersebut.  “Apakah pipa itu dipasang di bahu jalan atau pun drainase, yang terpenting PDAM mau tanggung jawab! Artinya masalah sudah beres,” ujarnya. 
 
Dalam pemberitaan sebelumnya, pipa diameter 400 milimeter sepanjang 1,5 kilometer itu dipasang dari perempatan Sungai Andai sampai Bundaran Kayu Tangi. Pergantian pipa ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Banjarmasin Utara yang sudah melampaui kemampuan PDAM saat ini. (fud/mk)

0 komentar: