Hosting Unlimited Indonesia

793 Kasus HIV-AIDS Ditemukan di Kalsel

Written By Unknown on Saturday, April 12, 2014 | Saturday, April 12, 2014

Banjarmasin - Dalam rentang  tahun 2012 hingga Desember 2013 lalu telah ditemukan 793 kasus HIV dan AIDS di wilayah Kalimantan Selatan.
 
Penyakit ganas itu terdiri  dari 446 kasus HIV  dan 347 AIDS.
 
Hal itu, diungkapkan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Kalsel, Dr Soedarsono Abu Yahman, pada wartawan, disela rapat koordiansi KPA se Kalsel,  belum lama tadi di Banjarmasin
 
Menurutnya, semakin banyak kasus HIV dan AIDS yang ditemukan, berarti menunjukan semakin intensifnya upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV dan AIDS disetiap lapisan masyarakat dalam upaya pembongkaran fenomena gunung es di masyarakat.
 
Untuk wilayah Kalsel sendiri, titik rawan paling banyak ditemukan kasus HIV dan AIDS itu, berada diwilayah pertambangan yaitu di Kabupaten Tanah Bumbu provinsi setempat.
 
“ setiap bulan selalu ada temuan kasus HIV dan itu lebih bagus, guna membongkar fenomena gunung es,” kata dia.  
 
Terkait pertemuan rutin tiap tiga bulan sekali yang digelar KPA Provinsi bersama kabupaten dan kota menurutnya, adalah untuk membahas berbagai perkembangan dan temuan baru, sekaligus membahas soal anggaran operasiaonal KPA dirasa yang masih menjadi kendala.
 
Namun begitu dia mensyukuri bahwa, apresiasi serta dukungan pemerintah daerah dinilai cukup besar  karena berkenan memberikan hibah anggaran dari APBD di tahun 2014 sebesar Rp 500 juta, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 350 juta.(ipik)

1 komentar:

Anonymous said...

Untuk mengatasi masalah hiv atau aids sekarang sudah ada vaksin suntik yaitu mva-b yang telah ditemukan di rumah sakit gregorio spanyol, kapan vaksin ini bisa didatangkan ke indonesia untuk menolong banyak penderita hiv yang semakin bertambah terutama daerah banjarmasin??