Hosting Unlimited Indonesia

Sebagian WNI Luar Negeri Mencoblos Hari ini

Written By Unknown on Sunday, March 30, 2014 | Sunday, March 30, 2014

Jakarta - Sebagian warga negara Indonesia yang berdomisili di luar negeri sudah mulai melakukan pencoblosan hari ini. Namun, proses penghitungan suara tetap akan dilaksanakan pada 9 April bersamaan dengan penghitungan suara di Indonesia.

WNI yang melakukan pencoblosan pada tanggal 30 Maret ini adalah mereka yang berdomisili di Beijing (China), Hong Kong, Brazil, Kopenhagen, Santiago (Chili), dan Shanghai.

"Kalau penghitungannya tetap tanggal 9 April, jadi serentak dengan penghitungan di Indonesia," ujar Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah kepada detikcom, Minggu (30/3/2014).

Ferry menjelaskan, aturan penghitungan menunggu tanggal 9 April sesuai dengan peraturan KPU. Hal ini juga untuk menghindari dampak terhadap situasi pemilih di Tanah Air jika penghitungan suara lebih dulu dari Indonesia.

Dia juga menjelaskan, semua surat suara yang sudah dicoblos akan disimpan di kantor perwakilan yang berada di KJRI. Pihak KPU memastikan akan menjaga keamanan kotak suara tersebut hingga tiba saatnya penghitungan.

"Karena itu disimpan di kantor perwakilan jadi kami yakin keamanannya bisa dipercaya," jelasnya.

Dalam proses penghitungan surat suara di luar negeri, KPU tetap akan melibatkan saksi-saksi dari tiap Parpol. Ada lebih dari dua juta WNI yang memiliki hak suara dan tersebar di 130 kota di berbagai negara

Sementara WNI di wilayah lain akan mencoblos sesuai jadwal, yaitu :

Senin, 31 Maret 2014
Kabul, Quito

Kamis, 3 April 2014
Damaskus, Havana

Jumat, 4 April 2014
Abu Dhabi, Algiers, Amman, Dhaka, Doha, Dubai, Khartoum, Kuwait, Kiev, Maputo, Moskow, Muskat, Sana'a, Teheran

Sabtu, 5 April 2014
Antananarivo, Baghdad, Bangkok, Beograd, Berlin, Bern, Bogota, Bratislava, Brussels, Bucharest, Buenos Aires, Canberra, Caracas, Chicago, Kolombo, Lima, London, Dakar, Darwin, Davao City, Den Haag, Dili, Frankfurt, Hamburg, Helsinki, Houston, Jeddah, Kairo, Los Angeles, Manama, Melbourne, Mumbai, Nairobi, New York, Oslo, Ottawa, Panama City, Paramaribo, Praha, Rabat, Riyadh, San Fransisco, Sarajevo, Sofia, Songkhla, Stockholm, Suva, Sydney, Tashkent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vanimo, Vientiane, Warsawa, Washington DC, Vienna, Windhoek, Zagreb

Minggu, 6 April 2014
Abuha, Addis Ababa, Ankara, Astana, Athena, Baku, Beirut, Bandar Seri Begawan, Budapest, Cape Town, Dar Es Salaam, Guangzhou, Hanoi, Harare, Ho Chi Minh, Islamabad, Istanbul, Johor Baru, Karachi, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, Lisabon, Madrid, Manila, Marseille, Mexico City, New Delhi, Noumea, Osaka, Paris, Penang, Perth, Phnom Penh, Port Moresby, Pretoria, Pyongyang, Roma, Seoul, Singapura, Taiwan, Tawau, Tokyo, Tunis, Vatikan, Wellington, Yangon(dtk/mk)

0 komentar: