Hosting Unlimited Indonesia

Masyarakat Geram, DPR Bangun Gedung Baru Rp. 1 Triliun

Written By Unknown on Sunday, April 26, 2015 | Sunday, April 26, 2015

Maket Gedung DPR RI
Jakarta (Metro Kalimantan) - Masyarakat kembali dibuat emosi, muak dan  geram melihat rencana DPR  RI untuk membangun beberapa gedung baru yang megah senilai Rp 1 triliun.

Kegerahan itu muncul ketika publik tidak melihat ada prestasi yang dibuat anggota dewan terhormat, padahal sudah tiga masa sidang yang mereka lewati.

"Sangat geram mendengar rencana pembangunan gedung baru yang menghabiskan anggaran Rp 1 triliun itu. Lalu apa prestasi anggota DPR kita sekarang ini?" tanya Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti di Jakarta, Minggu (26/4).

Ray Rangkuti mengatakan, sekarang DPR sudah memasuki masa reses ketiga. "Saya mau tanya, sudah berapa undang-undang (UU) yang dihasilkan dalam tiga masa sidang ini?" ujar dia.

Demikian juga di bidang pengawasan, sampai saat ini tidak ada pengawasan yang substantif yang dilakukan DPR terhadap pemerintah.

Padahal dalam enam bulan ini, banyak kebijakan pemerintah, terutama kerja sama dengan negara-negara lain dalam pembangunan di Indonesia. Yang ada hanya pengawasan untuk menekan pemerintah, seperti pengajuan hak angket untuk Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

"Pengawasan DPR hanya yang ecek-ecek saja, yang menggeretak saja, tetapi tidak subtansial. Tak ada prestasi yang dibuat DPR, yang ada hanya pemborosan uang negara," katanya.

Karena itu, Ray mengatakan, pihaknya akan terus menolak rencana pembangunan gedung baru DPR itu. Tetapi, Ray juga menyadari, mengeritik dan menolak di era saat ini mengerikan.

"Kami masyarakat madani jadi ngeri, mengeritik kebijakan seperti menambah musuh. Kita mudah dikriminalisasi. Sekarang ini, ada suasana tidak nyaman untuk aktivis mengeritik kebijakan pemerintah dan DPR karena diancam kriminalisasi," kataya.(Sp/mk04)

0 komentar: