Hosting Unlimited Indonesia

Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Akan Dipecah Jadi 2 Dinas

Written By Unknown on Sunday, March 9, 2014 | Sunday, March 09, 2014

BANJARMASIN–Walikota Banjartmasin Muhiddin akan berencana menambah jumlah dinasnya dengan jalan memecah dinas yang ada. Dinas Tata Ruang, Cipta Karya dan Perumahan (DTRCKP) akan dipecah menjadi dua dinas.  “Sudah saya ajukan ke dewan. Urusan anggaran cukup atau tidak, ini toh cuma memecah yang ada. Artinya anggaran yang ada ya dibagi-bagi,” kata Muhidin, kemarin (6/3).
  
Disebutkan Muhidin, DTRCKP akan dibelah menjadi Dinas Cipta Karya dan Perumahan dan Dinas Tata Ruang dan Pengawasan Bangunan. Tak hanya itu, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dan Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (BKBPMP) juga ikut dirombak.
  
Disbudparpora menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bidang pemuda dan olahraganya akan diurusi seorang kepala kantor khusus. Sementara BKBPMP, bidang pemberdayaan perempuannya menjadi setingkat badan.
  
“Rencana awal Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lalu Dinas Pendidikan menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sama seperti kementerian. Tapi saya lihat sekarang saja Disdik sudah kewalahan,” bebernya.
  
Kepala diinas cipta karya dan tata ruang,perumahan  Kota Banjarmasin, Ir Ahmad Fanani Saifudin SH mengatakan, selama ini pihaknya kewalahan menghadapi bantuan dari pusat. “Kami berhadapan dengan dua kementerian dan enam dirjen, jadi kami paling banyak. Saat bantuan mau turun, melihat yang menangani cuma setingkat kasi atau kabid, pusat menganggap kita tidak serius. Mereka maunya dinas, sehingga ini sangat menghambat kucuran dana dari pusat untuk pembangunan di kota banjarmasin katanya.
  
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Abdul Gais, mendukung rencana walikota itu. “Dalam tiga tahun terakhir perumahan di Banjarmasin gila-gilaan. Memang sudah semestinya ditangani satu dinas khusus,” ujarnya.  “Soal anggaran kami pelajari dulu. Selama demi kinerja pemko dan tidak membebani APBD, kami setuju saja,” imbuhnya.

0 komentar: