Hosting Unlimited Indonesia

Sabu 1,5 Kg Asal Malaysia Diamankan TNI AL

Written By Unknown on Monday, November 17, 2014 | Monday, November 17, 2014

Ilustrasi Sabu Sabu

Nunukan (Metro Kalimantan)Satuan TNI Angkatan Laut Nunukan, Kalimantan Utara, berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 1,5 kilogram asal Malaysia, Minggu (16/11/2014). Tiga tersangka berhasil dibekuk, sementara satu orang berhasil melarikan diri dengan melompat ke rawa yang masuk wilayah Malaysia.

Sabu senilai Rp2,5 miliar itu berhasil diamankan saat TNI melakukan patroli rutin di perbatasan perairan Indonesia-Malaysia. Narkoba itu dibawa dalam perahu yang masuk ke wilayah perairan Nunukan secara ilegal.

Perahu yang melanggar batas wilayah itu langsung dihampiri TNI. Mereka lantas melakukan pemeriksaan terhadap nakhoda dan anak buah kapal.

TNI kemudian mendapatkan dua barang mencurigakan yang dibungkus dengan plastik bening berukuran sedang. Tak dinyana, barang tersebut merupakan sabu sebesar 1,5 kilogram.

Penemuan itu berbuntut panjang. Pasalnya, salah satu ABK kabur dengan cara melompat ke arah rawa yang banyak ditumbuhi pohon bakau. Anggota TNI lantas mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak tiga kali, namun tersangka tetap melarikan diri ke wilayah Malaysia.

Tersangka yang tersisa adalah Safar bin Mallibu, Wahyudi bin Baharuddin, serta Jumain bin Baco. Ketiganya langsung diamankan dan dibawa ke Markas Komando Pangkalan Angkata Laut (Mako Lanal) Nunukan. Selain sabu 1,5 kg ganja, TNI juga menyita barang bukti lain, dua ponsel merek Nokia, satu pucuk badik, uang tunai Rp702.000 dan 50 ringgit Malaysia.

"Untuk sementara tersangka utama masih dalam pengejaran karena pada saat akan ditangkap berhasil melarikan diri ke hutan bakau yang penuh lumpur. Sedangkan wilayah tempat melarikan diri sudah masuk dalam kawasan wilayah Malaysia sehingga untuk melakukan pengejaran lebih jauh," kata Danlanal Nunukan, Letkol Laut Imam Hidayat, di Nunukan, hari ini.(metrotv/mk-05)

0 komentar: