Hosting Unlimited Indonesia

Besi Pembangunan Pelabuhan Trisakti Dicuri

Written By Unknown on Thursday, April 3, 2014 | Thursday, April 03, 2014

Banjarmasin - Anang Iwan alias  Anang  (29) dan Andri alias Aan (38), keduanya warga Jln Banyiur Luar Basirih Banjarmasin Barat, tertangkap tangan Polisi Kawasan Pelabuhan Laut (KPL), saat mau mengangkut besi hasil curian yang berjumlah ratusan biji.

Dua orang ini  beroperasi di kawasan Pelabuhan Trisakti. Diduga mereka sering melakukan pencurian bahan material berupa besi milik PT Nindya Karya. Mereka ditangkap Selasa (1/4) 03.30 Wita saat petugas KPL melakukan patroli rutin.

PT Nindya sendiri tidak hanya sekali melaporkan bahwa barang material besi  untuk proyek pembangunan pelabuhan Trisakti hilang dari tempatnya.

Berdasarkan pengakuan Anang yang merupakan residivis jambret itu, baru sekali melakukan pencurian besi. "Sumpah kami berdua baru satu kali ini mencuri besi itu," ujarnya.

Besi itu nantinya akan dijual kepada pembeli barang bekas di kawasan Jln Lingkar Selatan. ”Besi itu kami potong-potong baru dibuat ke dalam karung, dan diangkut menggunakan mobil pickup sewaan,” katanya.

Anang dan Aan yang juga merupakan buruh lepas di kawasan pelabuhan Trisakti menambahkan bahwa hasil menjual besi betoneser itu uangnya akan dibagi dua. ”Uang hasil itu nantinya kami bagi rata dan untuk menghidupi keluarga,” ucapnya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Kompol Fahcrul Sebastian, mengatakan pihaknya sering menerima laporan dari perusaahan, bahwa barang material seperti besi sering hilang.

Diduga dua pelaku itu bukan hanya satu kali melakukan aksi pencurian, namun dalam kasus ini pihak kami akan mengembangkan kasus tersebut.

Dikatakan Fachrul, Anang adalah resedivis, pernah melakukan penjambretan diwilayah hukum Polsek Banjarmasin Barat dan mendapat vonis 5 bulan kurungan oleh pengadilan pada Tahun 2009. ”Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP, tentang pencurian,” jelas Fahcrul.(rdrbjm/mk)

0 komentar: