Hosting Unlimited Indonesia

Biaya Pembangunan Kalsel 2013 Terserap 93,98%

Written By Unknown on Thursday, April 3, 2014 | Thursday, April 03, 2014

Rudy Ariffin
Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalsel mengklaim bahwa program dan kegiatan pembangunan di berbagai bidang infrastruktur di Kalsel tahun 2013 ini berjalan dengan baik dan mencapai keberhasilan yang cukup memuaskan.
 
Dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah Provinsi Kalsel akhir tahun anggaran 2013 yag disampaikan Gubernur Kalsel, Rudy Arifin bahwa realisasi pengeluaran pembiayaan daerah tahun 2013 sekitar Rp193 miliar atau Rp93,98 persen dari jumlah yang dianggarkan dalam APBD tahun 2013 sebesar Rp205,5 miliar.
 
Adapun rincian atas realisasi pengeluaran daerah ini diperuntukkan sebagai pembentukan dana cadangan sebesar Rp40 miliar, penyertaan modal pemerintah daerah Rp150 miliar, dan dana talangan sekitar Rp3,1 miliar. 
 
Menurutnya, pelaksanaan APBD tahun 2013 yang tertuang dalam berbagai program dan kegiatan pemerintahan dan pembangunan secara umum bisa terlaksana dengan baik dan  cukup memuaskan. Mulai dari pembangunan bidang sosial, pendidikan, kesehatan, infrastrukturaa, pertanian, perkebunan perikanan, perternakan, UKM dan koperasi serta pembangunan sector lainnya.
 
“Keberhasilan ini bisa kita raih karena kodisi dan situasi daerah kita berlangsung dengan kondusif,” ujarnya.
Dijelaskannya, pembangunan bidang sumber daya air hingga tahun 2013 telah meningkatkan luas dan pemanfaatan jaringan irigasi, rawa, dan sumber daya air lainnya mencapai 41,431 hektar. “Peningkatan ini cukup tinggi dibandingkan dengan luasan dan pemanfaatan sumber data air tahun 2011 yang hanya mencapai sekitar 7.000 hektar,” terangnya.
 
Begitu juga dengan pembangunan bidang bina marga yang mencakup pembangunan aadan pemeliharaan jalan dan jembatan yang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Pada awal tahun 2013 kondisi jalan provinsi yang dikategorikan rusak berat sepanjang 50,24 kilometer dan kondisi jalan yang baik mencapai 631,92 kilometer.
 
Di akhir tahun 2013, pasca berakhirnya seluruh kegiatan pembangunan di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum (PU) kecuali yang bersifat multiyears. Jalan provinsi yang rusak berat tidak ada lagi. Sementara ruas jalan provinsi yang dalam kondisi baik mencapai 701,89 kilometer. 
 
Sedangkan untuk kondisi jembatan dari 1.405 buah jembatan besar dan kecil hanya 4 jembatan yang dalam kondisi kritis. Lalu kerusakan yang perlu penggantian sebanyak 61 jembatan dan kerusakan yang perlu pemeliharaan sebanyak 90 buah jembatan. Kerusakan kecil 175 buah dan yang masih dalam kondisi baik sekitar 331 buah jembatan.
 
“Peningkatan infrastruktur ini sangat mendukung aktivitas perekonomian, perdagangan, dan jasa serta bisa dirasakan langsung seluruh lapisan masyarakat,” ujar Rudy Arifin. (hni)

0 komentar: